Inspirasi Gaya Permainan Timnas Inggris

Oleh : adminqueen | Pada July 9th, 2018

Inspirasi Gaya Permainan Timnas Inggris

Betqueen88 – Keberhasilan timnas Inggris melaju ke babak semifinal pada Piala Dunia 2018 Rusia ini, setelah mereka berhasil mengalahkan timnas Swedia pada babak perempat final dan juga telah berhasil dengan meyakinkan pada saat penyisihan group Piala Dunia 2018.

Kesuksesan tersebut mengulang kembali memori indah inggris pada saat Piala Dunia 1990 yang merupakan moment terakhir timnas Inggris berhasil untuk maju ke babak semifinal. Setelah tahun tersebut timnas Inggris tidak pernah sekalipun bisa mencicipi babak semifinal lagi.

Meski pada saat timnas Inggris dihuni oleh para pemain bintang mereka. Seperti pada Piala Dunia 2002 mereka membawa para pemain terbaik mereka, namun hal itu juga percuma karena timnas Inggris gagal untuk maju ke babak yang lebih jauh.

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menerapkan gaya permainan yang menggunakan formasi 3-5-2. Formasi tersebut digunakan dengan mengandalkan 3 pemain bertahan yaitu Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire menjadi tembok pengawal dari sang penjaga gawang Jordan Pickford sebagai benteng terakhir dari pertahanan timnas Inggris.

Kemudian dari lini tengah pelatih G.Southgate memilih pemain yaitu Jordan Henderson, Dele Alli, dan Jesse Lingard yang memiliki gaya gedor yang cukup baik di posisi tersebut ditambah lagi dengan Kieran Trippier dan Ashley Young  yang membantu serangan dari sisi sayap sebagai full back.

Sementara pada lini serang depan timnas Inggris memiliki 2 punggawa yang punya gaya permainan yang sangat interaktif dan juga bervariasi dalam memporak porandakan lini bertahan tim lawan. Pemain yang dimaksud yaitu Raheem Sterling dan juga Harry Kane. Sampai sejauh ini dari taktik yang di terapkan oleh Southgate berhasil memberikan hasil yang sangat positif dan juga bagi H.Kane hal tersebut sangat menguntungkan karena sampai saat ini dia masih merupakan top skor di Piala Dunia 2018 dengan mengoleksi 6 gol.

Gaya permainan dari timnas Inggris di adaptasi oleh Southgate dari taktik yang di terapkan oleh Pep Guardiola yang telah berhasil membawa Manchester City menjadi juara liga Premier Inggris. Selain itu juga, mantan pelatih dari tim Barcelona tersebut juga berhasil membawa tim Catalan mendominasi liga Spanyol dengan gaya permainan tersebut.

Menurut mantan pemain timnas Inggris dan juga Manchester United, Paul Scholes. Kalau Southgate tidak memikirkan kalau hal tersebut harus menjadi rahasia. Dia juga tau gimana harus memaksimalkan gaya permainan tersebut dan tidak harus meniru semuia gaya permainan dari Guardiola.

Pertandingan pada babak semifinal yang bakalan mempertemukan timnas Inggris dengan timnas Kroasia yang di sajikan di Luzhniki Stadium. Jika timnas Inggris berhasil me;laju ke babak final berarti mereka tinggal menunggu hasil dari pertandingan antara timnas Prancis melawan timnas Belgia.