Liverpool Menang Atas Manchester City Karena Diuntungkan VAR

Oleh : adminqueen | Pada November 11th, 2019

Liverpool diketahui berhasil untuk meraih kemenangan atas Manchester City dengan skor 3-1 dalam lanjutan Premier League 2019-2020 pekan ke-12, Minggu (10/11/2019). Namun kemenangan The Reds ini, tak terlepas dari keuntungan yang diraih atas VAR.

Kemenangan Liverpool ini pun, makin memperkokoh mereka di puncak klasemen Premier League dengan torehan 34 poin. Sementara kekalahan bagi Manchester City, harus membuat mereka turun peringkat ke-4 klasemen dengan torehan 25 poin.

Pada duel tersebut, tiga gol Liverpool masing-masing dicetak Fabinho pada menit keenam, Mohamed Salah (13′) dan Sadio Mane (51′). Sementara, satu-satunya gol The Citizens dicetak Brenardo Silva pada menit ke-78.

Namun dalam kemenangan Liverpool ini, tak terlepas dari kontroversial dan diuntungkan sistem VAR. Pasalnya, gol pertama The Reds ini tercipta telah menimbulkan kontroversi.

Dalam tayangan ulang sebelum terciptanya gol pertama, bek Liverpool sebelum telah menyentuh bola di dalam kotak penalti lawan. Sementara wasit pertandingan, Michael Olivier dan Video Assistan Referee atau VAR menganggap tidak pelanggaran terjadi.

Kejadian kontroversial lainnya dimana Mohamed Salah mencetak gol pada menit ke-13. Pemain asal Mesir ini, dianggap dalam posisi offside beberapa saat sebelum menanduk bola ke gawang lawan.

Namun Liverpool kembali lagi diuntungkan keputusan VAR, usai memutuskan Mohamed Salah tidak dalam posisi offside. Hal ini semakin ditambah dengan kekesalan Manchester City, tepat laga berjalan pada menit ke-64.

Raheem Sterling yang dijatuhkan Sadio Mane di dalam kotak penalti Liverpool, namun bukan dianggap pelanggaran. Meskipun wasit sudah meminta VAR, tapi tak ada keputusan penalti untuk Manchester City.

Kondisi tersebut di atas membuat fans Manchester City dengan keputusan wasit, serta sistem VAR yang tidak bekerja seperti seharusnya. Beberapa dari mereka meluapkan kekesalannya di media sosial Twitter, lantaran Liverpool sangat diuntungkan wasit pertandingan dan juga Video Assistan Referee.