Jurgen Klopp Jadi Pelatih Jerman Pertama Peraih Trofi Super Eropa

Oleh : adminqueen | Pada August 15th, 2019

Liverpool mampu untuk menjuarai Piala Super Eropa 2019/2020, usai menang atas Chelsea. Keberhasilan untuk meraih juara paling bergengsi di Eropa ini pun, telah menempatkan Jurgen Klopp sebagai pelatih asal Jerman pertama yang mampu meraih gelar tersebut.

Liverpool mengalahkan Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dinihari WIB, lewat adu penalti dengan skor 5-4. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 2-2 sampai perpanjangan waktu.

Namun tidak hanya keberhasilan Liverpool untuk keluar sebagai juara Super Eropa saja, Jurgen Klopp juga mencatatkan sejarah baru. Dirinya tercatat sebagai satu-satunya pelatih asal Jerman yang mampu untuk meraih trofi bergengsi di Eropa tersebut.

Sebelum keberhasilan Jurgen Klopp meraih gelar juara Super Eropa, belum pernah ada pelatih asal Jerman yang mampu meraihnya. Dettmar Cramer contohnya, yang membawa Bayern Munich tampil di Piala Super Eropa tahun 1975 dan tahun 1976 namun gagal meraih gelar tersebut.

Kemudian ada Udo Lattek menjadi pelatih asal Jerman selanjutnya yang tampil di Piala Super Eropa bersama Barcelona. Namun dirinya gagal juga, usai pada babak final takluk di tangan Aston Villa.

Sementara pelatih terakhir Jerman, yakni Ottmar Hitzfeld juga gagal untuk mengangkat trofi juara Super Eropa. Dirinya harus gagal membawa Bayern Munich, setelah takluk di final oleh Liverpool.