Kontroversi Wasit, Warnai Hasil Imbang Manchester United Vs Liverpool

Oleh : adminqueen | Pada October 21st, 2019

Diketahui bahwa laga Manchester United versus Liverpool pada akhir pekan lalu, harus diwarnai sejumlah kontroversi dan juga kepemimpinan wasit pertandingan. Wasit yang memimpin laga, yakni Martin Atkinson dianggap telah menimbulkan pertanyaan setelah berpihak kepada tuan rumah.

Pertandingan big match pada pekan ke-9 Premier League 2019/2020 itu, harus berakhir imbang 1-1. Hasil yang adil untuk kedua tim, khususnya bagi Manchester United yang terasa seperti kemenangan.

Namun bukan hasil imbang ini yang menjadi sorotan, melainkan gol kontroversial dari Marcus Rashford yang tercipta pada babak pertama laga. Hal ini ditambahkan dengan keputusan wasit yang telah menganulir dari gol Sadio Mane, ini juga menimbulkan banyak pertanyaan.

Kontroversial dari gol Marcus Rashford berawal dari serangan balik usai Victor Lindelof mencuri bola dari kaki Divock Origi. Serangan balik itu cepat dan agresif, gol yang indah untuk publik Old Trafford.

Yang menjadi kontroversial karena cara Victor Lindelof mendapatkan bola dari lawan nya. Menurut dari pelatih Liverpool, yakni Jurgen Klopp, menyakini jika Lindelof telah melakukan pelanggaran tapi wasit malah menggangap hal ini tidak demikian.

“Dia [wasit] mengecek ulang dan saya 100 persen yakin VAR bakal menganulir gol itu, tapi jelas itu tidak terjadi. Wasit membiarkan pertandingan berlanjut sebab meski dia punya VAR, VAR berkata situasinya tidak jelas, jadi dia bisa berkata bahwa itu bukan pelanggaran,” kata Klopp kepada Liverpool Echo.

“Jadi mereka tidak bisa menganulir gol itu, ini jelas masalah tentang bagaimana kita menggunakan VAR saat ini. Saya tidak marah, itu pelanggaran yang jelas, hanya itu.”

Sementara hal yang berbeda di ungkapan dari Solskjaer, pelatih Manchester United ini menilai bahwa tidak ada pelanggaran terkait proses gol Rashford. Namun komentarnya malah menjadi bias, pasalnya The Red Devils telah diuntungkan dan dirinya malah menyanyikan pujian untuk wasit.

“Saya kira wasit layak dipuji. Kami jarang melakukan ini. Dia membiarkan pertandingan ini berjalan seperti selayaknya pertandingan derby, tidak mungkin Anda tidak menyentuh pemain lawan,” tutur Solskjaer kepada Goal.

Selain gol Rashford yang disahkan, VAR pun bertanggung jawab atas dianulirnya gol Sadio Mane. Pemain Senegal ini dianggap handball pada proses menerima bola.

Tayangan ulang sebenarnya tidak cukup jelas, tapi wasit memutuskan Mane memang handball. Hal ini membuktikan bahwa sehebat apa pun VAR, keputusan tetap ada di tangan wasit.

Dua kontroversi ini sama-sama abu-abu, tapi wasit membuat keputusan berbeda. Untuk yang pertama, dia memilih mengesahkan gol Rashford. Kali kedua, dia memilih menganulir gol Mane.